Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencari Sinyal K-Vision yang Hilang C2000 dan K2000

cara mencari sinyal parabola k vision

Sering kali pelanggan K-Vision mengeluh kalau siaran TV-nya tiba-tiba hilang sehingga tidak bisa ditonton. Cara mencari sinyal K Vision yang hilang itu tidaklah sulit, pemula pun dapat melakukannya.

Masalah seperti ini sering disebabkan oleh parabola yang bergeser, kabel copot ataupun decoder tidak dapat menerima sinyal.

Cara Mencari Sinyal K-Vision yang Hilang 

Dalam artikel ini, wajanterbang menggunakan receiver K-Vision HD Bromo C2000. Bisa juga dipakai untuk Cartenz K2000 atau ketiga decoder GOL (Gardiner, Optus, LGsat), garis besar pengaturannya sama hanya beda satelit.

1. Cek Kabel Antena

decoder K Vision tidak dapat menerima sinyal

Sesuai dengan gambar di atas, hal yang harus dicek adalah kabel antena yang terpasang di belakang receiver. Silakan copot dan pasang kembali. Pastikan konektor kabel terpasang dengan baik.

Jika ternyata sinyal masih nol baik itu intensitas ataupun kuantitas, cek juga ujung kabel satunya yang masuk ke antena parabola tepatnya LNB.

Ujung ini sering terkena hujan secara langsung, sering kali konektor berkarat sehingga mengurangi kemampuan kabel menghantarkan sinyal.

Silahkan copot dulu lalu bersihkan bagian yang ada karatnya. Untuk konektor yang kondisinya sangat parah sebaiknya buang dan ganti dengan yang baru.

Setelah itu coba pasang kembali, apakah sudah ada sinyal? Jika belum sebaiknya cek kabel dari ujung decoder hingga ujung antena. Sebenarnya kabel antena sangat jarang rusak karena tebal dan kuat. Namun tetap bisa rusak karena pemakaian yang lama.

2. Restart Receiver

Salah satu jurus andalan memperbaiki alat elektronik bermasalah adalah restart. Cara ini cukup efektif mengatasi handphone lemot, laptop nge-hang dan tentunya receiver parabola.

Cobalah untuk restart receiver dengan mencabut dari colokan listrik lalu memasang kembali. Sebaiknya diamkan beberapa menit agar receiver lebih dingin.

3. Refresh Akun

Seperti kita ketahui di dalam receiver terdapat smart card yang berisi data pengguna. Saat sistem gagal mendeteksi akun pengguna maka siaran akan hilang.

Yang seperti ini ditandai dengan munculnya pesan "Anda belum berlangganan tayangan ini". Solusinya adalah refresh akun dengan kirim pesan Refresh(spasi)ID_Pelanggan atau SerialNo ke wa.me/+628119500828.

Selanjutnya tunggu balasan “Refresh perangkat dengan No. STB XXX BERHASIL”. Silahkan coba nyalakan receiver K-Vision kembali.

4. Masukkan Frekuensi K-Vision yang Benar

Sejak awal Oktober 2020, K-Vision C-band hanya aktif di Telkom 4 saja dimana Palapa OFF. Ini artinya pelanggan mau tidak mau juga harus lock Telkom 4. Semua channel K-Vision di Palapa akan gelap teracak.

Bagi kalian yang sudah lock PalKom dalam 1 dish, tinggal masukkan frekuensi K-Vision di Telkom 4 lalu scan "FTA only : Tidak". Kalau kalian cuma pakai 1 LNB maka harus mengeser parabola dari 113 ke 108 derajat.

Selain itu banyak pemula yang salah lock satelit, misalnya dish anda arahkan ke Telkom 4 ternyata pengaturan untuk Measat 3a. Ingat ya K-vision Bromo C2000 biasanya untuk parabola jaring (C-band) sedangkan Cartenz K2000 untuk dish mini (Ku-band).

Pengaturan C-band Telkom 4,

  • Freq lnb 5150
  • Scan tp 3860 V 31000 dan 4060 V 31000
Pengaturan Ku-band Measat 3a,
  • Freq lnb 9750/10600
  • Scan tp 12436 H 31000 dan 12436 H 31000 (garmedia)

Settingan di atas untuk yang tracking 1 dish 1 lnb saja. Bagi yang lock lebih dari satu satelit misal Telkom 4 dan Chinasat 10 maka harus mengatur port diseqc dan mainkan on off 22k. Kadang salah lubang port bisa pusing tujuh keliling.

5. Maksimalkan Tangkapan Sinyal

Setelah pengaturan benar, cek pada bagian bawah yaitu intensitas dan kualitas sinyal. Berapa persen yang receivermu dapatkan?

Setidaknya intentitas sinyal 60 dan kualitas sinyal minimal 60. Gotik sedikit dishmu untuk mendapatkan kualitas terbaik.

Makin besar kualitas sinyalmu makin bagus kualitas siaran yang didapatkan. Yang jadi masalah jika intensitas sinyal 60% tetapi kualitas sinyal 0.

Hal semacam ini bisa terjadi kalau arah parabola kurang tepat misal dikarenakan hujan berangin ataupun disenggol kucing.

cara mencari sinyal parabola k vision

Apabila dish berubah arah, gunakan aplikasi tracking android misal Satfinder. Arahkan dish berdasarkan Azimuth dan sudut Elevasi, simpelnya kendorkan mur dan baut lalu geser perlahan sambil dinaik turunkan hingga sinyal mulai membaik. 

Setelah mendapatkan kualitas yang optimal, kencangkan mur dan baut kembali. Terakhir tinggal scan ulang untuk mendapatkan semua siaran.

6. Cek Alat Tempur

Jika sudah diotak atik namun sinyal tak kunjung muncul, kemungkinan besar ada alat yang error biasanya ada di Kabel, LNB dan Switch Disecq.

Jurus andalan wajanterbang untuk mengetahui kerusakan alat adalah mencoba dengan alat yang bekerja normal.

Misalnya untuk cek LNB, silahkan ganti LNB-mu dengan yang baru. Kalau LNB baru sukses menangkap sinyal berarti LNB lama error.

Sebaliknya saat kedua LNB gagal mendapatkan sinyal berarti LNB lama normal dan ada masalah pada yang lain.

Lanjutkan dengan Diseqc/ Switch, kalian bisa mengecek satu persatu port dengan memindah LNB dan pengaturan antena.

Untuk receiver pun sama, lihatlah para teknisi yang sering membawa receiver setiap kali dipanggil pelanggan. Cek dulu dengan receiver normal, kalau ternyata bisa berarti receiver lama yang error.

Saran dari wajanterbang, untuk masalah teknis seperti ini lebih baik langsung ke teknisi terdekat. Kalau ingin curhat bisa langsung ke call center 08111 500 828 untuk penanganan lebih lanjut.

Baca juga: Berapa Nomor Whatsapp K-Vision Terbaru?

7. Scan Ulang

Setelah mendapatkan intensitas dan kualitas sinyal maksimal, silahkan ke Menu Receiver, pilih satelit K Vision. Biasanya sudah bawaan dari pabrik jadi kita tidak perlu menambahkan frekuensi transponder terbaru.

Klik tombol biru pada remot untuk memulai pencarian. Pengaturan sesuai dengan gambar di bawah ini, lalu pilih Cari untuk memulai scan. Jangan sampai mengatur Hanya FTA ke Iya karena siaran K-Vision itu bukan FTA namun teracak.

cara mengatasi k vision tidak ada sinyal

Pada layar akan terlihat proses pencarian channel secara otomatis. Tunggu hingga selesai, klik Ok untuk menyimpan. Tinggal cek satu persatu siaran TV yang anda dapatkan. Kalau ada yang tidak kescan, silahkan naikan kualitas sinyal dan scan sekali lagi.

8. Bersihkan Antena Parabola dan Sekitarnya

Terkadang masalah hilang sinyal disebabkan masalah sepele. Misalnya ada pohon tumbuh tinggi atau dahan bergeser karena angin yang akhirnya menutupi arah parabola ke satelit.

Solusinya cukup potong semua dahan yang menghalangi, bisa juga dengan memindahkan parabola ke tempat yang lebih tinggi.

Kadang ada juga dedauan jauh yang di cekungan parabola yang mempengaruhi tangkapan sinyal. Yang unik kadang ada lho burung atau serangga yang bersarang di lubang LNB.

Intinya bersihkan semua yang mengotori antena dan kelengkapan parabola. Hal ini tentunya bisa membuat lebih awet terutama jaring. Jangan lupa cabut colokan listrik ditakutkan nanti ada setrum di antena.

Sekian artikel tentang Cara Mencari Sinyal K-Vision yang Hilang C2000 dan K2000. Solusi terbaik adalah konsultasi dengan teknisi K-Visionmu atau Call Center. Mereka pasti lebih tahu tentang pengaturan channel TV baik itu letak satelit dan transponder yang terupdate.

Nabil Thoriq
Nabil Thoriq Pecinta TV dan Film sejak tahun 1991