Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Frekuensi RTS 1 Serbia Terbaru

Frekuensi RTS 1 Serbia di Intelsat 19 Terbaru

RTS1 merupakan salah satu saluran televisi yang dioperasikan oleh Radio Television of Serbia. Dikenal juga dengan PTC, singkatan dari Радио-телевизија Србије. Berapa frekuensi RTS 1 terbaru di satelit Intelsat 19?

Channel satu ini bisa dibilang sebagai stasiun TV tertua di Serbia yang mengudara sejak 23 Agustus 1958. Siarannya free to air dan menjadi channel paling banyak ditonton mengalahkan dua jaringan televisi populer lainnya yaitu RTV Pink dan Prva. Program acara beragam mulai dari berita, drama dan olahraga.

Frekuensi RTS1

Sebagian besar siarannya berada di satelit dengan pita frekuensi Ku dan masuk paket pay TV. Hanya satu saja yang free to air yaitu di Intelsat 19 (166.0°E), lainnya menggunakan acakan maut seperti Conax, Nagravision ataupun Videoguard.
Frekuensi RTS 1 Serbia
Satelit Intelsat 19 di 166.0°E
Transponder 12686 H 30000
Frekuensi 12686 MHz
Simbol Rate 30000 kSps / kHz
Polarisasi Horisontal
SID 62

Format video MPEG-4 yang memenuhi standar DVB S2 namun kualitasnya masih SD. Untuk satelit lain sengaja tidak ditulis karena mustahil disaksikan dari Indonesia. Data di atas diambil dari situs lyngsat.com dan mungkin berubah sewaktu-waktu.

Baca juga: Frekuensi Sony ESPN di Intelsat 17 dan 20

RTS1 disiarkan Intelsat 19 melalui beam Australia & New Zealand yang menjangkau benua Australia hingga Selandia Baru. Wilayah Indonesia sebenarnya outbeam namun sinyal masih bisa ditangkap dengan dish yang lebar.

footprint beam satelit Intelsat 19 jalur Ku-band

Gambar di atas adalah peta footprint beam satelit Intelsat Ku-band, terlihat daerah Jawa, Bali dan hingga Nusa Tenggara mendapatkan kualitas sinyal yang bagus. Berada di 166.0° bujur timur berarti arah parabola ke timur sedikit geser ke utara.

Sayang sekali tidak ada pilihan di jalur C-band, padahal jangkauan dengan pita frekuensi C lebih luas dibandingkan Ku. Channel dari Serbia ini bisa menjadi alternatif bagi pengguna parabola mini yang sulit mencari channel sports gratis.

Informasi schedule siaran dapat dilihat dalam website official rts.rs. Radio Television of Serbia punya beberapa channel lain seperti RTS2, RTS3, RTS Drama, RTS Muzika dll. Jadi pastikan yang dilihat adalah jadwal RTS 1 bukan yang lain.

Sekian artikel tentang Frekuensi RTS 1 Serbia Terbaru. Kabar terbaru mereka akan menayangkan pertandingan olahraga di Olimpiade Tokyo. Channel lain yang menyiarkan Liga klub dari benua Eropa tsb adalah ASR TV di MonacoSAT.

Nabil Thoriq
Nabil Thoriq Pecinta TV dan Film sejak tahun 1991